Saturday, April 14, 2018

"Mendulang Dollar" dari Adsence via Youtube

"Usulan" untuk mas Gokil Abis yang pulang kampung _ Part 3

mas Parindra dan mbak Ismiati di pelaminan via www.brilio.net


Awalnya penulis tidak begitu paham mekanisme penghasilan seorang youtuber, termasuk hubungannya dengan iklan, yang sering kali kita lewati atau skip, saat melihat video di youtube. Namun penjelasan dari Andhika Sarasono, seorang Youtuber yang pernah kuliah di Jepang, dalam Vlog nya berikut, menumbuhkan kesadaran atas dampak "skip"/lewati iklan saat menonton Video di Youtube bagi Youtubernya.

Secara gamblang, Andhika Sarasono menyampaikan seluk beluk Adsence, iklan, advertiser, CPM (Cost Per Mile), termasuk situs socialblade.com, dengan satu kesimpulan penting : "Bila anda seorang bajindul lover, atau mendukung mas Redy aka mas Gokil Abis untuk maju, maka JANGAN PERNAH SKIP IKLAN saat menonton video di akun youtube Gokil Abis".

Kenapa kesimpulan di atas sangat penting, karena sikap untuk "tetap menonton IKLAN" saat menonton video di akun Youtube Gokil Abis, akan memperbesar porsi "Dollar" yang diberikan oleh Adsence kepada mas Gokil Abis. Sebagai gambaran porsi Dollar yang diberikan Adsence kepada mas Gokil Abis, bisa dilihat pada situs socialblade.com, sebagai berikut :

statistik akun youtube Gokil Abis di socialblade.com

Dari tabel di atas, estimasi porsi dollar yang diterima mas Gokil Abis dari Adsence, per hari nya rata-rata 46 Dollar Amerika (sekitar 630 ribu rupiah) sampai dengan 740 Dollar Amerika (sekitar 10 juta rupiah). Tapi apakah mendekati ke minimum (46 Dollar) atau mendekati maksimum (740 Dollar), selain tergantung dari lokasi Viewers (besaran CPM), juga sangat bergantung sikap Viewers nya, apakah tetap menonton iklan atau suka main skip bila ada iklan, saat menonton video di akun youtube. 

Bila di setiap Video mas Gokil Abis selalu menyampaikan : "Jangan lupa Like, Share, Subscribe, dan Comment", maka dalam kerangka "mendulang dollar" dari Adsence via Youtube, mas Gokil Abis perlu menghimbau,"Mohon tetap melihat iklan yang lewat dalam Video ini" setiap kali pembukaan Video.

Kalaupun tidak menghimbau di pembukaan Video, bisa juga di kolom deskripsi atau kolom Komentar yang di"pin", menyampaikan himbauan yang sama : "Dengan kerendahan hati, kami mohon berkenan tetap melihat iklan yang lewat di Video ini, jangan pernah di"Skip" iklannya". Memang tidak umum dan terasa aneh, tapi namanya usulan kan boleh....

Terakhir, bila di banyak Youtuber terkenal yang lain, ada tim yang mendukung, misalkan kameramen, editor, bahkan skenario dalam pembuatan Vlog nya. Barangkali bila memang mas Redy memutuskan untuk "mendulang Dollar" dari Adsence via Youtube, merekrut orang lain untuk menjadi tim pendukung bisa dipertimbangkan. Sehingga setiap Vlog, ada kameramennya, ada editornya, bahkan ada tim kreatifnya sendiri. Tentu dengan konsekuensi biaya, tapi bisa dipertimbangkan.

Bagi pembaca yang kebetulan penggemar Gokil Abis atau Bajindul Lover, sekali lagi ingat satu hal : "Mohon tetap melihat iklan yang lewat, setiap kali melihat Video di akun Youtube Gokil Abis"
 


Tetap Semangat dan Terus Bergerak

1 comment:

  1. Terima kasih sudah bantu share info dari video saya, sukses terus!

    ReplyDelete