Tuesday, April 10, 2018

Menjadi "Youtuber", mengapa tidak ?


"Usulan" untuk mas Gokil Abis yang sudah "pulang kampung"_part 1


Foto Pre-Wed mas Parindra Sidik Cahyono dan mbak Ismiati via Capture Youtube Gokil Abis

Sepertinya sudah banyak yang tahu, Mas Parindra Sidik Cahyono aka "Gokil Abis" aka Mr. Bajindol, sudah sekitar satu minggu ini kembali ke tanah air (lihat di link ini), setelah "pensiun" dari TKI di Korea Selatan (ada di link ini). Tentu banyak yang bertanya-tanya, mau usaha atau kerja apa mas Redy (panggilan akrab mas Gokil Abis) setelah menetap di tanah air. 

"Pensiun" sebagai TKI apalagi di Korea Selatan, bisa diartikan sebagai "kehilangan" pendapatan bulanan yang sangat besar, apalagi dibandingkan dengan standar gaji di Indonesia. Biasa menerima "penghasilan" sekitar 20 jutaan per bulan, saat di Korea Selatan, bagaimana "menyiasati"nya saat di Indonesia, dengan penghasilan yang belum pasti. Apa tidak makan tabungan, dan simpanan lama-lama habis, kalau seperti itu.

Tapi apakah benar, mas Redy tidak punya penghasilan ketika memutuskan untuk "menetap" di Indonesia tercinta ? Usut punya usut, ternyata pemikiran bahwa beliau "makan tabungan" itu tidak sepenuhnya benar. Kalau mau "iseng" membuka website "SOCIALBLADE", dan mengetikkan akun youtube "Gokil Abis", maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Resume chanel "Gokil Abis" di Socialblade.com

Dari gambar di atas, sebenarnya kita bisa melihat estimasi penghasilan per bulan mas Redy dari akun youtube "Gokil Abis"nya. Karena estimasi, maka nominal yang ditampilkan dalam bentuk "range" atau "selang". Estimasi penghasilan mas Redy dari gambar di atas, per bulannya antara 1.200 ribu dolar Amerika sampai dengan 18.800 dolar Amerika. Boleh percaya atau tidak, mas Redy diestimasi oleh situs Socialblade, mendapatkan penghasilan antara 16,5 juta rupiah sampai dengan 258,5 juta rupiah per bulan, dari akun youtube "Gokil Abis"nya.

Bila berandai-andai saja, prediksi penghasilan mas Redy aka mas Gokil Abis, berada di kisaran 15% dari estimasi di atas. Jangan terkaget-kaget ya, Besaran penghasilan mas Gokil Abis adalah sebesar 51 juta rupiah per bulan....iya betul, penghasilan beliau mencapai lima puluh satu juta rupiah per bulan...kaget kan ??? sebuah penghasilan yang sangat jauh lebih besar dari standar pendapatan "pekerja/pegawai" di tanah air.....

Jadi menurut pendapat saya, nggak ada masalah dan sudah sangat mencukupi penghasilan yang didapatkan mas Redy, untuk menetap di Indonesia dan menjadi seorang youtuber. Hanya syaratnya harus tetap produktif menghasilkan Vlog-Vlog untuk diupload ke akun youtube "Gokil Abis"nya.

Kalau memutuskan untuk menetap di Jawa Timur, maka usulan kontent Vlog untuk mas Gokil Abis, dengan melihat trend view harian di situs socialblade, berisi kisah mas Gokil Abis saat berjuang dulu hingga akhirnya bisa bekerja di Korea, di antaranya adalah :

1. Vlog warung tempat mas Gokil Abis mendapatkan info lowongan kerja di korea, tentu beserta interview dengan person-person yang terlibat pada saat itu.

2. Vlog Lembaga bimbingan bahasa, tempat mas Gokil Abis belajar bahasa korea, dengan interview dengan person-person yang berkesan selama mas Gokil Abis belajar di sana.

3. Vlog tempat ujian awal di Surabaya, untuk bisa berangkat ke Korea, tentu dengan penjelasan, tips dan trik, serta interview dengan person-person yang berkesan bagi mas Gokil Abis ketika ujian tersebut.

4. Vlog tempat pelatihan di Jakarta tentu disertai penjelasan suka-duka serta lika-liku selama proses tersebut.

5. Vlog suka-duka dan orang-orang yang berjasa khususnya memberikan pinjaman uang yang dibutuhkan selama proses dan bisa berangkat ke Korea dulu.

Sekedar usulan, tapi untuk mas Gokil Abis....maju terus, tetap semangat untuk menjadi Youtuber di tanah air tercinta. Dengan biaya hidup di Jawa Timur, dibandingkan estimasi penghasilan dari socialblade, menurut saya, mas Redy sudah hidup sangat layak sebagai seorang Youtuber.....menjadi youtuber, mengapa tidak ?


Tetap Semangat dan Terus Bergerak 

No comments:

Post a Comment